- Kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan Pembelajaran Berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah Pembelajaran yang dirancang agar peserta didik mendapatkan kualitas belajar yang merata & sama, digunakannya berbagai macam metode belajar untuk dapat memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik, tidak harus dilakukan pada satu sesi/hari itu saja, tapi berkesinambungan.
Bagaimana Pembelajaran Berdiferensiasi dapat dilakukan, Guru memastikan menguasai 3 hal, seperti Menggunakan Strategi Pembelajaran berdiferensiasi : Memastikan Kesiapan belajar peserta didik (kapasitas untuk belajar hal baru) ; Minat belajar peserta didik (keinginan belajar pebelajar, dari dalam diri atau media belajar pendukung yang beragam) ; Mengetahui Profil belajar peserta didik (Pemberian keleluasaan peserta didik untuk belajar secara alamiah & efisien).
- Bagaimana Pembelajaran Berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal.
Guru memastikan, mendesain, mengkondisikan bagaimana Lingkungan belajar ideal untuk mendukung Pembelajaran berdiferensiasi : Lingkungan yang memang sudah siap belajar, Lingkungan belajar yang saling menghargai saat proses belajar sedang berjalan. Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi penilaian terdiri dari 3 hal yaitu Assessment of learning, Assessment for learning & Assessment as learning.
Kaitan antara materi dalam modul 2.1 mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak tentunya sangat berkaitan, misalnya jika dikaitkan dengan Refleksi filosofis pendidikan nasional menurut Ki Hadjar Dewantara diantara adalah Guru harus memastikan proses belajar juga harus memperhatikan Kodrat alam & Kondrat zaman dari peserta didik, Pembelajaran Berdiferensiasi harus memastikan kebutuhan belajar peserta didik terpenuhi dengan berbagai media belajar sesuai dengan perkembangan zaman terkini.
Terima kasih :)
0 Komentar